REKAYASA PERANGKAT LUNAK DAN FUNGS
Bismillah
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Selamat datang kembali ke blog aku, oke teman teman kali ini
kita akan membahas tentang rekayasa
perangkat lunak
Sebelum itu pasti kita tidak asing lagi yang mendengar yang
namanya perangkat lunak, jadi sebenarnya apa itu perangkat lunak?.
Menurut Wikipedia
perangkat lunak adalah Perangkat lunak atau peranti lunak (bahasa Inggris:
software) adalah istilah khusus untuk data yang diformat, dan disimpan secara
digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang
bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem
komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan
perangkat keras komputer. Perangkat lunak yang biasa kita kenal yaitu website,
microsoft office yaitu berupa mcrosoft exel, Microsoft power point dan lainnya
Dan kita sekarang akan membahas
apa itu rekayasa perangkat lunak,
rekayasa perangkat lunak merupakan disiplin ilmu yang mendalami car acara pengembangan
software/perangkat lunak.
Dan sekarang kita akan lanjut ke
pembahasan tentang tahapan/ alur dalam proses pengembangan perangkat lunak.
1.
Analysis
Adalah sebuah teknik pemecahan masalah yang menguraikan sebuah system
menjadi komponen-komponennya dengan tujuan mempelajari seberapa bagus
komponen-komponen tersebutt bekerja dan berinteraksi untuk meraih tujuan
mereka.
Di dalam analysis kita yang kita butuhkan adalah alat-alat dan bahan yang
akan di kerjakan
Tahapannya ialah
-
Fungsional
fungsional disini maksudnya sebuah keputusan yang berisi proses proses apa saja
layanan dana pa saja yang harus di sediakan di dalam system.
-
Non fungsional disini maksudnya kebutuhan
kebutuhan yang menitikberatkan pada property perikalu yang dimiliki oleh system.
2.
Design
Yaitu tugas tahapan yang difokuskan pada spesifikasi detil dari solusi
berbasis komputer. Output utama dari tahapan desain perangkat lunak adalah
spesifikasi desain atau disebut desain arsitektur. Desain arsitektur ini
terdiri dari desain database, desain proses, desain user enterprise, desain
software, hardwere dan jaringan.
Proses tahapan dalam desain perangkat lunak adalah
-
Tahapan pembuatan desain storyboard
-
Tahapan pembuatan desain mockup
-
Tahapan pembuatan desain database
-
Dan lain lain
3.
Tahapan development
Tahapan development j merupakan pola yang diambil untuk mengembangkan
sistem perangkat lunak, yang terdiri dari tahap-tahap:
rencana(planning),analisis (analysis), desain (design), implementasi
(implementation), uji coba (testing) dan pengelolaan (maintenance).
Di tahapan development tersebut kita harus melakukan beberapa tahap yaitu
1.
Tahapan pembuatan prototype
Dalam Model Prototype, prototype dari perangkat lunak yang dihasilkan
kemudian dipresentasikan kepada pelanggan, dan pelanggan tersebut diberikan
kesempatan untuk memberikan masukan sehingga perangkat lunak yang dihasilkan
nantinya betul-betul sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan. Dalam proses pembuatan prototype, Kita dapat
menggunakan
-
Di dalam Web dapat kita gunakan HTML, CSS, JS, PHP,
ASP, XML, Dan lainnya.
-
Di dalam mobile dapat kita gunakan java, C++,
C#, JS, XML, Dan lainnya
-
Di dalam desktop dapat kita gunakan Pascal,
Java, C, C++, C# Visual Basic, NET (VB NET) Phyton Delphi, dan lainnya
2.
Tahap pengecekan prototype
Di tahap pengecekan kita harus meng cek fungsi serta implementasi desain.
4.
Tahapan Testing
Dalam pembuatannya harus melalui tahapan uji yaitu
-
Uji usability
-
Uji user experience(UX)
-
Uji Page Speed (website)
-
Dan lainnya
5.
Tahapan publish
Di tahapan kali ini software sudah siap untuk di pasarkan atau di gunakan
Mungkin untuk kali ini sekian saja blog aku, lebih dan kurang saya mohon
maaf, terimaksih telah mampir saya akhiri
Wassalamualakum warahmatullahi wabarakatuh
Comments
Post a Comment